Profil Investasi


Profil Investasi
PELAYANAN PERIZINAN

Pelayanan perizinan di Kabupaten Gunungkidul, sebagian besar dilakukan melalui Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Gunungkidul. Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan adalah Penyelenggaraan perizinan yang proses pengelolaannya mulai tahap permphonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dilakukan dalam satu tempat (One Stop Services) yaitu di DInas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Gunungkidul.

POTENSI FISIK

 

Pantai Krakal Gunung Kidul.

A. TATA KELOLA PEMERINTAHAN

Pelayanan birokrasi Gunungkidul terutama di tekankan pada Usaha Pemerintah yang terkait dengan pelayanan dasar (basic services) bagi masyarakat, seperti pendidikan dasar, kesehatan, lingkungan hidup, perhubungan, kependudukan dan sebagainya, dengan berpedoman kepada standar pelayanan minimal (SPM) yang ditetapkan Pemerintah dan dilaksanakan secara bertahap.
Dengan demikian Pemerintah Daerah diharap sebagai customer driven dan enterpreneur competitive yaitu Pemerintah yang selalu peduli terhadap kebutuhan masyarakat dan jeli memanfaatkan peluang dan potensi yang ada untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sebagai wujud Good Governance, Pemerintah Daerah senantiasa berupaya menciptakan birokrasi yang akuntabel serta menciptakan kualitas aparatnya, sebagai manifestasi pertanggungjawaban profesional kepada masyarakat.


KONDISI SOSOIAL & BUDAYA

Agama
Tercatat 5 agama yang dipeluk oleh masyarakat Kabupaten Gunungkidul, diantaranya Islam, Kristen, Katholik, Hindu dan Budha.
Pendidikan 
Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk menyejahterakan dan meningkatkan kualitas masyarakat. Dimana dengan pendidikan maka tingkat buta huruf akan berkurang sehingga tingkat kemiskinan juga akan berkurang.
Kesehatan
Adapun sarana kesehatan yang ada di Kabupaten Gunungkidul yaitu berupa rumah sakit, puskesmas, puskesmas pembantu, balai pengobatan/poloklinik, rumah sakit bersalin, rumah bersalin, klinik KB, praktek dokter, praktek bidan, posyandu, polindes, apotek dan toko obat dengan status kepemilikan departemen kesehatan, departemen lain dan swasta.
Sosial 
Masalah sosial yaitu mengenai anak terlantar juga diperhatikan oleh Kabupaten Gunungkidul. Untuk menampung, mengasah dan membimbing anak terlantar tersebut, maka di beberapa kecamatan dibangun sarana sosial yang berupa panti asuhan.
Budaya
Kebudayaan ynag terdapat di Kabupaten Gunungkidul berupa seniteater, diantara Kethoprak, Srandul, Kethek Ogleng, Thet\helan, Joko Bodo, Ande-Ande Lumut, Wayang Beber, Wayang Kulit, Wayang Topeng, Wayang Orang dan Sanggar Pendhalang.

PERTANIAN
Pertanian Kabupaten Gunungkidul pada tahun 2012 memiliki lahan sawah yang cukup luas, yaitu dengan total luas lahan sawah 7.865 Ha.

 

HUTAN RAKYAT
Kabupaten Gunungkidul sebagian besar dari luas wilayahnya berupa hutan. Dimana hutan ini terdapat dua macam yaitu hutan negara dan hutan rakyat. Hutan rakyat adalah hutan yang tumbuh di atas lahan milik rakyat, baik petanmi secara perseorangan, maupun bersama-sama atau badan hukum.

 

PERIKANAN LAUT
Ikan sebagai salah satu bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan pritein hewani merupakan salah satu komoditas perikanan dari Kabupaten Gunungkidul. Luas wilayah perairan laut (0-4 mil dari garis pantai) yang dumiliki Gunungkidul adalah 518,56 km2, dengan panjang pantai 70 km. Sendangkan jumlah kecamatan pesisir sebanyak 5 kecamatan, yaitu kecamatan Purwosari, Saptosari, tanjung, Tepus, Rongkop dan Girisubo, dengan 17 desa pesisir. Adapun tempat pendaratan ikan sebanyak 8 unit, pelabuhan pelelangan ikan 1 unit, dan tempat pelelangan ikan (TPI dan sub TPI) sebanyak 8 unit.

 

PERIKANAN AIR TAWAR

 

PETERNAKAN 
Jenis ternak yang dipelihara yaitu ternak besar (sapi, kerbau, kuda), ternak kecil ( kambing, domba, babi, anjing) dan unggas yaitu ayam, itik, kelinci dan puyuh.

 

 

PELAYANAN PUBLIK
Peribadatan
Fasilitas tempat peribadatan yang terdapat di Kabupaten Gunungkidul meliputi fasilitas untuk agama Islam, Kristen, Katholik, Budha serta Hindu.
Kantor Pos
Kantor pos yang ada di Gunungkidul adalah satu kantor pos di setiap kecamatan, namun lima kecamatan belum mempunyai kantor pos yaitu Purwosari, Saptosari, Tanjungsari, Girisubo dan Gedangsari.
Koperasi Unit Desa
Untuk melayani usaha-usaha masyarakat, Kabupaten gunungkidul memiliki fasilitas KUD dan Non KUD.
Koperasi
Jenis koperasi yang ada di Kabupaten Gunungkidul meliputi KUD, KPRI, KSP, Pensiunan, ABRI, Wanita, KSU, Kerajinan, Pontren dan jenis koperasi lainnya.
Bank
Perbankan di Gunungkidul mulai berkembang baik seiring dengan pembangunan wilayah yang berkelanjutan. Adanya bank di Gunungkidul disamping membantu intermediasi keuangan masyarakat juga sebagai model investasi.
Pasar Tradisional
Jumlah pasar tradisional yang terdapat Kabupaten Gunungkidul sebanyak 211 unit.


SUMBER DAYA MANUSIA
Strategi meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang terampil, berintegritas, religius, profesional dan peduli dengan pelayanan pendidikan, kesehatan, dan sosial yang sinergi dengan perguruan tinggi, swasta (dunia usaha) dan masyarakat serta responsif gender.
Terdapat 5 (lima) sasaran yang akan dicapai pada strategi ini, yakni :
1. Anak usia sekolah lulus SLTA dan memiliki keterampilan bahasa inggris, komputer, agrobisnis dan kewirausahaan
2. Angkatan kerja menjadi pekerja profesional atau wirausaha yang peduli memajukan daerahnya
3. Rumah sakit, puskesmas dan jaringannya memenuhi standar mutu serta mampu menjangkau / dijangkau oleh masyarakat di wilayahnya
4. Keluarga sadar gizi, berperilaku hidup bersih sehat, dan menerapkan norma keluarga kecil, bahagia dan sejahtera
5. Pemuda pemudi Gunungkidul penjabaran dari misi keempat Kabupaten Gunungkidul


JARINGAN AIR BERSIH
Air minum di Kabupaten Gunungkidul adalah sangat penting untuk didistribusikan. Pemakaian air minum yang disalurkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kabupaten Gunungkidul sebanyak 7.3.90.218 m2. Sebagian besar konsumen PDAM adalah rumah tangga yang tercatat mencapai 35.911 dan yang terpasang 26.280 pelanggan aktif. Guna mencukupi kebutuhan air bersih dilakukan melalui :
1. Pengembangan sistem perpipaan, interkoneksi Baron-Ngobaran.
2. Pengembangan proyek Bribin II dan Seropan II, kerjasama dengan Jerman.
3. Pengelolaan sungai bawah tanah baron Bekerjasama dengan JICA 4.
Konservasi sumber daya alam dan lingkungan hidup


INSFRATRUKTUR
Jalan 
Panjang jalan menurut statusnya terbagi 4 yaitu jalan negara, jalan provinsi, jalan Kabupaten dan jalan desa. Panjang jalan negara yang ada di Kabupaten Gunungkidul sepanjang yaitu 686 Km serta jalan desa belum diketahui panjang yang ada.
Perusahaan Listrik Negara
Fasilitas listrik telah menyebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Gunungkidul, baik itu sampai dusun-dusunnya. Jumlah dusun yang terjangkau listrik yaitu sebanyak 1432. Pelanggan rumah tangga listrik PLN dan jumlah KWH dikelompokkan menjadi tiga paket yaitu 450 VA, 900 VA dan 900 VA.
Menara Telekomunikasi
Alat komunikasi selain dengan surat (kantor pos) juga bisa dengan alat telekomunikasi yang lebih canggih yaitu telephone/handphone. Untuk mendukung telekomunikasi supaya lancar maka di Kabupaten Gunungkidul didirikan Menara Komunikasi yaitu Telkomsel, Indosat, XL, Satelindo dan Bakne.

 


B. PANTAI & WISATA MINAT KHUSUS

WISATA PANTAI
Pariwisata adlah salah satu jenis industri baru yanf mampu menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang cepat dalam penyediaan lapangan kerja, peningkatan penghasilan, standar hidup serta menstimulasi sektor-sektor produktivitas lainya. Potensi pariwisata di Kabupaten Gunungkidul terdapat dari beberapa obyek wisata alam. Di Kabupaten Gunungkidul terdapat beberapa pantai yang sangat indah yang didukung dengan pasir putihnya. Beberapa pantai telah dimanfaatkan dan dikembangkan menjadi obyek wisata yaitu antara lain Pantai Baron, Kukup, Krakal, Sundak, Drini, Siung, Sepanjang, Pok Tunggal, Wediombo, Ngrenehan, dan Ngobaran.

WISATA MINAT KHUSUS
Pariwisata minat khusus berkaitan dengan adventure atau petualangan. Dalam wisata petualangan, wisatawan secara fisik mengeluarkan dan menguras tenaga dan ada unsur tantangan yang harus dilakukan. Beberapa contoh wisata minat khusus seperti hiking, rafting di sungai, berburu, dan memancing.
Potensi sumber daya alam di Kabupaten Gunungkidul selain pantai juga memiliki kawasan karst yang untik dan bentangan alamnya sangat indah, baik bentangan alam bahwa permukaan maupun bentangan alam yang ada di permukaan. 
Bentang alam karst bahwa permukaan meliputi goa-goa  karst dengan segala hiasanya, sungai permukaan dan sungai bawah permukaan, adapun bentang alam yang ada di permukaan meliputi bentukan positif yang berwujud bukit-bukit kapur yang unik yang bentukan negatif yang berwujud lembah-lembah karst. Beberapa tempat Wisata Minat Khusus di Kabupaten Gunungkidul yang paling banyak di kunjungi adalah : Cave Tubing Gua Pindul dan goa banyumoto di Desa Bangirejo Kecamatan Karangmojo, Treking di Gunung Api Purba di Desa Nglanggren, Kecamatan Patuk, Susur Goa Njamplong di Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, Goa Cokro Dan Goa Gremeng di Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Rafting di kali Oyo, Susur Goa Kali Suci dan Air Terjun Sri Gethuk.

POTENSI INVESTASI
Potensi investasi Kabupaten Gunungkidul yang dimaksudkan adalah tergalinya sektor-sektor potensial Kabupaten Gunungkidul yang dapat memacu laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gunungkidul. Dengan demikian, dapat bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Gunungkidul serta meningkatkan daya tarik dan minat para investor baik domestik maupun asing untuk mengembangkan usahanya di Kabupaten Gunungkidul. Ada beberapa potensi yang ada di Kabupaten Gunungkidul, diantaranya mencakup potensi sosial dan budaya, potensi sumber saya alam, potensi pelayanan publik, potensi infrastruktur dan potensi perekonomian.

DESA & ATRAKSI WISATA
Saat ini di Kabupaten Gunungkidul sudah ada beberapa desa yang sudah dan sedang dikembangkan menjadi Desa Wisata Desa Wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan adalah :

 

PERTAMBANGAN BAHAN GALIAN

 

DAFTAR NAMA PENGRAJIN
Industri kerajinan Batu Ornamen merupakan kompetensi inti industri di Kabupaten Gunungkidul. Potensi industri kerajinan lainnya adalah Kerajinan Kayu, Batik Warna Alam, Kerajinan Bambu, Kerajinan Akar Wangi, Kerajinan Natural Handycraft, Perak, Tembaga, Kuningan, Kerajinan Cor Logam dan Pande Besi. Daftar nama pengrajin di Kabupaten Gunungkidul adalah sebagai berikut :

 

 

PRODUK UNGGULAN INDUSTRI

Bagaimana pelayanan perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu?

  • Hari Ini (18 Kunjungan)
  • Kemarin (32 Kunjungan)
  • Total (4089 Kunjungan)

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu
Kabupaten Gunungkidul

  • Address: Jl. Ksatrian no 38 kepek wonosari
  • Telpon :0274 391942
  • Fax :0274 2910851